WHAT'S NEW?
Loading...

CRUISE CONTROL


Apa itu Cruise Control ?

Cruise Control adalah sebuah teknologi yang diciptakan untuk mobil yang mampu secara otomatis mengelola kecepatan mobil secara tepat. Jika sistem ini diaktifkan, mobil Anda dapat berjalan secara konstan sesuai dengan kecepatan yang Anda set. Untuk itu, Cruise Control mendapat hak menguasai throttle untuk mengendalikan laju mobil.

Cara kerja Cruise Control pada mobil

Cara kerja dari teknologi ini sangat sederhana, yaitu ketika fungsi Cruise Control ini diaktifkan, maka bukaan katup throttle diatur oleh perangkat elektronik yang diatur oleh ECU mesin mobil sehingga suplay bahan bakar keruang mesin menjadi stabil dan konstan. Dengan begitu kecepatan mobil pun menjadi stabil di angka tertentu.

Fitur cruise control pada mobil ini hanya bisa diaktifkan mulai kecepatan diatas 40 km/ jam dan bisa menaikkan kecepatan secara konstan dengan menaikkan kecepatan mobil dengan menekan  +/Rest, -/Set untuk menguranginya.

Teknologi cruise control speed control - perkembangan industri otomotif kian tahun makin berkembang secara pesat, hal ini terbukti hingga saat ini teknologi terbaru yang sudah ditemukan dan telah diaplikasikan kedalam sebuah mobil serta sudah diuji coba adalah self drive, teknologi ini memungkinkan sang pengendara mobil dapat menyetel kendaraan agar bisa mengemudi di jalan raya secara otomatis.

Fungsi Teknologi Cruise Control System

Dari penjelasan diatas tentu saja anda bisa menarik kesimpulan bahwa fungsi dri teknologi speed control atau cruise control ini tidak lain adalah untuk lebih memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan. Membantu si pengemudi agar tidak merasa capek ketika berkendara khususnya dibagian kaki karena dengan teknologi ini anda tidak perlu lagi menginjak pedal gas, cukup fokuskan mata untuk mengemudi saja. Di beberapa kendaraan yang berkelas teknologi cruise control juga dilengkapi dengan sensor jarak, dimana ketika mobil yang sedang aktif cruise controlnya mendekat ke kendaraan lain didepan maka secara otomatis akan mematikan fitur ini.

Kapan Cruise Control Tidak Boleh Digunakan?

Cruise control tidak boleh digunakan pada jalanan dengan banyak tikungan, tanjakan, dan turunan. Jalan dengan tipikal tersebut membutuhkan banyak pengereman yang akan menonaktifkan sistem cruise control. Dengan kata lain, cruise control tidak cocok digunakan di dalam perkotaan yang padat kendaraan bahkan banyak kemacetan.
Di negara empat musim, cruise control tidak boleh diaktifkan saat jalanan bersalju karena mobil beresiko slip dan kehilangan traksi. Harus diingat bahwa penggunaan sistem ini secara tidak tepat justru bisa membahayakan keselamatan.

Sistem Cruise Control Canggih

Adaptive Cruise Control (ACC) yang disebut pula sebagai Autonomous Cruise Control System, menggunakan teknologi canggih untuk mengoperasikan pengereman dan mengontrol percepatan secara otomatis. Sistem ini terutama menggunakan laser atau radar yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman.




Pabrikan mobil memiliki nama berbeda untuk menyebut teknologi ini. Berikut adalah beberapa diantaranya:


  • Distronic Plus – Mercedes-Benz
  • Active Cruise Control – BMW
  • Smart Cruise Control – Hyundai
  • Intelligent Cruise Control – Nissan
  • Dynamic Radar Cruise Control – Lexus

Cruise control hanyalah salah satu teknologi yang digunakan pada mobil modern. Terdapat teknologi keselamatan lain yang bekerja beriringan dengan cruise control. Menggunakan sistem ini dengan benar akan meningkatkan kenyamanan berkendara serta menekan konsumsi bahan bakar. Sebagian besar mobil top-end dan SUV sudah memiliki cruise control sebagai fitur standar

0 comments:

Post a Comment