WHAT'S NEW?
Loading...

Vehicle Stability Control (VSC)

Vehicle Stability Control (VSC)

VSC adalah adalah salah satu fitur keselamatan yang berfungsi mencegah kecelakaan pada lintasan yang sulit seperti tikungan tajam, jalan yang licin atau tergelincir dan melakukan pengereman secara mendadak. Secara umum sistem ini menyetabilkan kendaraan dengan memberikan yaw moment (diperoleh dari rem disetiap roda) dan menyesuaikan arah roda sesuai arah yang diinginkan pengendara. Istilah tergelincir ini di kenal dengan istilah Understeer dan Oversteer.




Contoh Indikator VSC sudah tersedia pada Toyota Avanza dan Veloz 2016, tapi kedua fitur penopang tersebut belum aktif untuk pasar Indonesia, tapi mungkin aktif untuk pasar ekspor. VSC ini tidak lepas dari Sistem yang satunya yaitu TRAC, ABS, BA dan EBD jadi satu paket dalam sistem keamanan di kendaraan anda.



Memang penulis sedang membahas VSC yang ada pada ATPM mobil sejuta umat, yaitu TOYOTA. Toyota tidak main-main dalam mengaplikasikan sistem ini sehingga menjadikan hal yang wajib diterapkan pada brand mobil mereka terutama mobil OFF ROAD nya. Dan sudah diterapkan pada SUV nya yaitu fortuner.


Melihat sejarahnya VSC, Mercedes yang pertama kali memperkenalkan pada pertengahan tahun 1990 telah menghadirkan fitur ini dengan nama ESP dan fungsinya adalah sama persis dengan VSC yang memberikan sistem keamanan dan kestabilan dalam pengereman di semua titik roda. Mercedes Benz S Class W140 di tahun 1995, di tahun yang sama juga, BMW juga menggunakan ESP yang disuplai oleh Bosch Baru di tahun berikutnya banyak sekali produsen Sports Car yang menerapkan sistem keamanan tersebut karena bisa mengurangi tergelincirnya roda pada kecepatan tinggi saat menikung.

Di belahan negeri paman SAM merilis data dari IIHS (Insurance Institute for Highway Safety), Amarika Serikat, pada bulan Juni 2006 hampir ±10.000 ribu kecelakaan fatal di Amerika Serikat dapat dihindari setiap tahun jika setiap kendaraan dilengkapi dengan VSC/ESP. Pada tahun 2012 pemerintah US mewajibkan setiap mobil yang dijual di Amerika Serikat harus dilengkapi dengan VSC/ESP.

Berikut ini adalah nama lain dari VSC


No
Nama Perusahaan Mobil
Sebutan / Istilah
1
Daihatsu, Lexus, Toyota
Vehicle Stability Control (VSC)
2
Kia, Hyundai, Tesla, Skoda, Proton
Electronic Stability Control (ESC)
3
Mitsubishi
Active Stability Control (ASC)
4
BMW, Jaguar, Land Rover, Mazda, Rover Group, Mini
Dynamic Stability Control (DSC)
5
Ferrari
Controlla Stabillita
6
Audi, Bentley, Bugatti, Citroen, Chrysler, Dodge, Daimler, Fiat, Ford, Holden, Hyundai, Jeep, Kia, Lamborghini, Mercedes Benz, Opel, Peugeot, VW, Vauxhall, Smart, Skoda, SEAT, Renault, Saab
Electronic Stability Program (ESP)
7
Porsche
Porsche Stability Management (PSM)
9
Isuzu
Electronic Vehicle Stability Control (EVSC)
10
Volvo
Dynamic Stability and Traction Control (DSTC)
11
Lexus, Toyota
Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM)
12
Maserati
Maserati Stability Program (MSP)
13
Acura, Honda, Hyundai
Vehicle Stability Assist (VSA)
14
Alfa Romeo, Fiat, Infiniti, Nissan, Proton
Vehicle Dynamic Control (VDC)
15
Oldsmobile
Precision Control System (PCS)
16
Buick, Chevrolet, General Motors, Pontiac, Saturn
Stabilitrack
17
Lincoln, Mercury
AdvanceTrac


Gimana menurut anda tentang adanya Sistem keamanan VSC ini, mudah mudahan pengendara khususnya di negara kita lebih bijaksana berkendara yang baik dan saling menghormati pengendara yang lain. Keselamatan adalah yang paling utama.

Salam hangat dari Team Roda2Roda4....































0 comments:

Post a Comment