WHAT'S NEW?
Loading...

SENSOR PARKIR

Sensor Parkir atau disebut juga sensor mundur adalah perangkat elektronik yang dipasang pada beberapa bagian belakang kendaraan yang mendeteksi obyek di bagian belakang kendaraan sehingga kendaraan dapat berhenti sebelum menabrak/menyentuh obyek diluar kendaraan. Sensor Parkir ini merupakan perlengkapan standart mobil baru di indonesia, namun ada pula yang tidak menyertakan sensor parkir pada kendaraan dan di jual terpisah melalui accesoris mobil. 

Baca Juga Sejarah dari Sensor Parkir...

Tempat Sensor Parkir.
Rata – rata sensor Parkir pada bagian Depan maupun belakang kendaraan, biasanya di bumper belakang dan bumper depan.Sensitivitas sistem sensor parkir merupakan hal terpenting, karena berhubungan dengan keamanan bodi mobil itu sendiri.


Sensor ini mendeteksi benda mulai jarak 1,5 meter. Buzzer/speaker akan berbunyi dengan jeda 225 milidetik. Pada jarak 1 meter berbunyi lebih cepat dengan jeda 75 milidetik dan pada jarak 0,5 meter akan bunyi tanpa putus

Sensitivitas dari Sensor Parkir bergantung dari beberapa faktor. Seperti lebar dan sudut sensor, jumlah serta jarak dari tanah. Lebar dan sudut dari sonar yang semakin besar, akan membuat sensor lebih sensitif. Selain itu, ketinggian posisi sensor dari tanah, juga memengaruhi sensitivitasnya.

Sayangnya, keakuratan sensor ini tidak dapat di-setting, lantaran hanya bergantung dari penempatan serta jumlah sensor. Jika sensor yang dipakai makin banyak, misal 4 buah sensor di bemper belakang, akan lebih membantu kemampuan sensitivitasnya. Karena daerah pantau obyek di belakang mobil akan semakin banyak tertangkap oleh sensor.

Sedangkan jarak atau ketinggian sensor dari tanah juga berpengaruh. Sebab terkadang jika ground clearance mobil terlalu tinggi, akan membuat derajat sudutnya lebih menjauh dari obyek yang lebih rendah dari posisi bemper mobil.


Ada beberapa bentuk Sensor Parkir yang biasa digunakan :

1. Sensor infrared, yang bekerja atas sinar inframerah ataupun sensor gelombang ultrasonik yang dipancarkan dan kemudian ditangkap lagi oleh sensor, yang kemudian diinformasikan kepada pengemudi melalui bunyi, lampu ataupun monitor LCD didashboard.

2. Kamera, sensor berupa kamera video yang disorot kebelakang dan layar monitor dipasang pada dahboard. Layar monitor biasanya berfungsi ganda selain untuk melihat belakang kendaraan juga sebagai monitor audiovisual.


Gimana menurut anda tentang adanya Sistem keamanan Sensor Parkir dan mudah-mudahan dapat meminimalisir terjadinya angka kecelakaan di indonesia.

Salam hangat dari Team Roda2Roda4....

1 comment: Leave Your Comments

  1. Memang ada Pengalaman yang menarik tentang Parking Sensor Pak Broo

    ReplyDelete